Monday, 20 February 2017

Konsep OOP

Apa itu OOP (Object Oriented Programming)?
Object Oriented Programming (OOP)  atau yg dalam bahasa Indonesianya adalah Pemrograman Berbasis Objek (PBO) merupakan pemrograman yang menjadikan objek sebagai komponen utama dalam sistem. Objek merupakan gabungan data dan fungsi, dimana sebuah objek dibuat dari sebuah class.

Apa itu Object?
Objek merupakan sesuatu yang dihasikan dari sebuah class.
Contoh: jika objek adalah kue, maka kelasnya adalah cetakan dari kue (objek) tersebut. Sebuah cetakan kue (kelas) dapat membuat beberapa kue (objek).

Apa itu Class?
Kelas merupakan bentuk penyederhanaan dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan objek. Oleh karena iu kelas dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai data (sifat) dan fungsi (kelakuan).
Contoh: kelas Manusia, kelas hewan,

Apa itu Property?
Properti merupakan data-data/atribut yang terdapat di dalam suatu kelas.
Contoh: kelas Manusia mempunya properti/atribut seperti tinggi badan, berat badan.

Apa itu Method?
Method merupakan fungsi-fungsi yang terdapat di dalam suatu kelas. Method akan mengolah atau mengubah data/variable yang ada di dalam objek sesuai dengan operasi yang dilakukan.
Contoh: menghitung volume, menghitung luas.

Apa itu Instantiation?
Instantiation adalah proses pembuatan objek spesifik yang merupakan anggota atau instan dari kelas.

Apa itu Instance?
Instance adalah sebuah objek yang dibuat oleh sebuah kelas. Instance ada dua:
1. Instance Variable
Merupakan variable di dalam kelas tetapi berada di luar method. Juga merupakan atribut dari suaatu kelas dan mempunyai default value yang tidak perlu diinisialisasi.
2.Instance Method
Merupakan method yang hanya tersedia apabila instance dari suatu kelas dibuat.

Apa itu State?
State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah objek yang dapat berubah berdasarkan perlakuan yang diberikan pada objek.

Contoh implementasi menggunakan class
1:  public class Kucing {  
2:    String jenis;  
3:    int umur;  
4:    String warna;  
5:    void mengeong() {  
6:    }  
7:    void lapar() {  
8:    }  
9:    void tidur() {  
10:    }  
11:  }  


Program Bilangan Fibonacci
1:  package AngkaFibonacci;  
2:  import java.util.Scanner;  
3:  public class Fibonacci {  
4:    public int dapatFibo(int angka1, int angka2){  
5:      int kembali = 0;  
6:      kembali = angka1 + angka2;  
7:      return kembali;  
8:    }  
9:    public void generateFibo(int batas){  
10:      Fibonacci fibo = new Fibonacci();  
11:      int angka1 = 0;  
12:      int angka2 = 1;  
13:      int tampung = 0;  
14:      System.out.print("Fibonacci dari angka " + batas + " = " + angka1 + " , " + angka2);  
15:      for (int i = 0; i < (batas-2); i++) {  
16:        tampung = fibo.dapatFibo(angka1, angka2);  
17:        System.out.print(" , " + tampung);  
18:        angka1 = angka2;  
19:        angka2 = tampung;    
20:      }  
21:      System.out.println("");  
22:    }  
23:    public static void main(String[] args) {  
24:      Scanner input = new Scanner (System.in);  
25:      Fibonacci fibo = new Fibonacci();  
26:      System.out.println("Masukan batas angka fibonacci : ");  
27:      int batas = input.nextInt();  
28:      fibo.generateFibo(batas);  
29:    }  
30:  }  

No comments:

Post a Comment