1. Tentukan
sebuah perusahaan atau organisasi sebagai studi kasus.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
2. Buatlah
deskripsi perusahaan tersebut.
BRI merupakan sebuah bank yang
dimulai pada tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wiriatmaja,
awalnya digunakan untuk mengelola uang masjid yang nantinya akan
didistribusikan ke publik dengan skema yang sederhana. BRI mempunyai banyak
nama yang melekat padanya, dari “Hulp en
Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren”, Hulpen Spaarbank der Indlandsche
Bestuurs Ambtenareen, Syomin Ginko, dan pada akhirnya secara official menjadi
Bank Rakyat Indonesia pada 18 Desember 1968 berdasarkan Hukum No 21 Tahun 1968.
Pada tahun 1992, BRI merubah status hukumnya menjadi PT. BRI (Persero).
Sejak berdirinya, BRI secara
konsisten berfokus pada usaha mikro, kecil dan menengah (UKM), dan menjadi
pelopor keuangan mikro di Indonesia. Bank mempertahankan komitmennya hingga
saat ini, dan dengan dukungan dari pengalaman dalam memberikan layanan
perbankan, khususnya di segmen UKM, BRI telah mampu mencatat pencapaian bank
yang paling menguntungkan dalam 11 tahun berturut-turut. Prestasi tersebut
merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan BRI yang terus berinovasi dan
mengembangkan produk dan layanan perbankan untuk semua segmen bisnis.
3. Identifikasi
Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang ada di perusahaan/ organisasi
tersebut.
Hardware: Komputer, Server, handphone, dan device
lainnya.
Software: Website, Mobile app (android)
People: User (nasabah)
Data: Info user, transaksi yang dilakukan user.
Network: Jaringan internet, SMS.
Process: Semua process yang disediakan oleh BRI.
4. Klasifikasikan
Sistem Informasi yang ada berdasarkan Klasifikasi Obrien
1)
Operation Support System
a.
Transaction Processing System
TPS
dari aplikasi/web yang dibuat oleh BRI dilakukan dengan interaksi antara
pengguna dengan aplikasi/web itu sendiri dengan memilih fitur-fitur yang sudah
disediakan.
b.
Process Control System
Dalam
aplikasi/web di BRI tentunya dibutuhkan suatu process control system supaya
tidak terjadi kesalahan dalam suatu transaksi.
c.
Enterprise Collaboration System
Tentu
BRI pasti mempunyai fitur customer service untuk mengatasi masalah yang dialami
oleh nasabah/pengguna.
2)
Management
Support System
a.
Management Information System
Digunakan
dalam rangka menyediakan informasi yang diperlukan bagi setiap level manajemen
di BRI untuk pengambilan keputusan.
b.
Decision Support System
Dengan
DSS, BRI mampu membantu manajer dalam membuat keputusan untuk memecahkan
masalah semi terstruktur, mendukung keputusan manajer, dan meningkatkan
efektivitas manajer dalam pembuatan keputusan.
c.
Executive Information System
Sistem
Informasi eksekutif dirancang untuk menyediakan akses yang mudah dan cepat
untuk informasi informasi selektif tentang faktor-faktor ekslusif dalam
menjalankan tujuan strategis bagi manajemen.
5. Buatlah
mapping klasifikasi sistem informasi tersebut ke dalam Piramida Penggunanya.
No comments:
Post a Comment